Bandung, 16-17 Juli 2018
Parameter penting dalam OBE adalah capaian pembelajaran (outcomes). Asesmen dan evaluasi pencapaian pembelajaran merupakan basis penjaminan mutu dan perencanaan strategi akademik. Hal ini menuntut perubahan dalam berbagai aspek pelaksanaan pendidikan, mulai dari penentuan profil lulusan, penentuan capaian pembelajaran, perancangan kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, evaluasi, dan tindakan perbaikan berkelanjutan. Selain perubahan mendasar tersebut, Perguruan Tinggi dan Program Studi juga harus mengawal dan memelihara keberlangsungan dan pertumbuhannya.
Dalam operasional lingkup program studi, paradigma OBE akan diimplementasikan dalam bentuk kurikulum dan perangkat pendukungnya. Kurikulum merupakan suatu blue print proses pendidikan yang dapat menentukan mutu lulusan dari suatu program studi.
Untuk membantu Perguruan Tinggi dan Program Studi menguasai implementasi OBE dan penjaminan mutunya, mulai dari menyusun, melaksanakan, mengases dan mengevaluasi kurikulum berbasis outcome, maka Koordinator Program Studi Magister Teknik Sipil ikut berpartisipasi dalam Workshop Nasional Kurikulum “Outcomes Based Education” yang diselenggarakan pada tanggal 16-17 Juli 2018.